Selasa, 14 November 2017

(Ternyata) Perubahaan Iklim Beda dengan Pemanasan Global

Oleh Presli Panusunan Simanjuntak

Sobat sekalian pasti sering menyamaratakan atau menyamaartikan Perubahaan iklim dan pemanasan global ? Jika sobat berpikir demikian, mari segera bertobat sobat sebelum kekeliruan sobat semakin menggerogoti kehidupan sobat
Jadi, Perubahaan Iklim dan Pemanasan Global itu berbeda sobat akan tetapi saling mempengaruhi.
Pemanasan global atau global warming itu adalah rata-rata suhu seluruh permukaan bumi (earth temperature) mengalami peningkatan baik karena faktor alami (misalnya pengaruh intensitas cahaya matahari,) ataupun memang karena ulah kita-kita manusia ini sobat.  Pemanasan global semakin populer karena dikaitkan dengan peningkatan suhu permukaan bumi lebih cepat dari peningkatan alami karena ulah manusia.

Hasil gambar untuk perubahaan iklim dan pemanasan global

Sedangkan perubahan iklim (climate change) seperti yang saya jelaskan tadi sobat adalah perubahan karakteristik iklim disuatu daerah, meliputi suhu, kelembaban, curah hujan, angin dan sebagainya. Jadi pada satu daerah tertentu iklim bisa lebih panas dari tahun, puluhan tahun atau ratusan tahun sebelumnya, dan sebaliknya di didaerah lain iklim lebih dingin dari biasanya. Bisa juga disatu daerah pada waktu tertentu yang biasanya dingin menjadi lebih hangat (seperti dinegara-negara eropa saat ini),  atau sebaliknya daerah yang biasanya hangat tiba-tiba terjadi hujan es atau salju. Inilah yang dinamakan perubahan iklim.
Mungkin sobat sering mendengar berita banjir, gelombang panas atau badai. Mungkin dulu juga para petani dikampung sobat dapat meramalkan masa panen, masa tanam sesuai dengan iklimnya nah tiba-tiba iklimnya berubah dan masa tanam serta masa panen tidak dapat ditebak lagi oleh para petani veteran dikampung sobat. Nah, kejadian- kejadian itulah yang kita sebut perubahaan iklim meskipun tetap ada hubungannya dengan pemanasan global . Jadi bergesernya pola iklim yang biasanya menjadi tidak biasa. Nah kalau ada berita mencairnya es dikutub atau di gunung- gunung yang biasanya bersalju itu yang disebut karena pemanasan global.
Jadi, Pemanasan Global dan Perubahaan Iklim itu berbeda ya sobat tapi tetap saling mempengaruhi. Kita ibaratkan Perubahaan Iklim adalah Sebuah Negara nah, Pemanasan Global itulah yang disebut provinsinya. Isu Pemanasan Global dan Perubahaan Iklim dikaitkan karena kesamaannya dalam hal kenegatifan seperti gelombang panas, es mencair dsb


0 komentar:

Posting Komentar